Menu

Unknown Unknown Author
Title: Pemilik Sepeda Motor Pertama di Indonesia
Author: Unknown
Rating 5 of 5 Des:
Sepeda motor merupakan kendaraan yang mempunyai bentuk mungil dengan harga yang tergolong terjangkau. Maka tak heran, sepeda motor menjadi ...
Sepeda motor merupakan kendaraan yang mempunyai bentuk mungil dengan harga yang tergolong terjangkau. Maka tak heran, sepeda motor menjadi alat transportasi favorit masyarakat Indonesia. Tetapi, tahukah Anda siapa orang pertama yang mempunyai sepeda motor di Indonesia?

Pemilik sepeda motor pertama di Indonesia adalah seorang berkebangsaan Inggris bernama John C Potter pada tahun 1893. Demikian disebutkan oleh salah satu sumber. Potter sehari-hari bekerja di pabrik gula di Probolinggo, jawa Timur. selain itu, dia juga dikenal sebagai penjual mobil yang mendapat kepercayaan Sunan Solo untuk mengurusi pengiriman mobil pertamanya dari Eropa.

Diceritakan dalam buku De Duivelswagen bagaimana John C Potter memesan sendiri sepeda motor itu ke Hildebrand und Wolfmuiler, di Muenchen, Jerman. Lalu, sepeda motor sampai di Indonesia pada tahun 1893. Hal ini membuat Potter menjadi orang yang pertama menggunakan sepeda motor di Indonesia.

motorjcpotter
toplus.mywapblog.com

Sepeda motor tersebut tidak menggunakan rantai dan roda belakang serta digerakkan langsung oleh kruk as (crankshaft). Sepeda motor komersial pertama di dunia yang sudah berumur ratusan tahun ini telah mengusung teknologi yang masih digunakan hingga sekarang ini. Beberapa di antaranya adalah twin-silinder horizontal, 4 valve, berpendingin air, dan mempunyai kapasitas mesin besar yakni 1.500 cc dengan bahan bakar bensin.

Sepeda motor ini menghasilkan tenaga hanya 2,5 tenaga kuda pada 240 rpm walaupun bermesin besar. Di samping itu, sepeda motor ini belum memakai persneling, magnet, aki, koil dan kabel listrik. Butuh waktu sekitar 20 menit untuk menghidupkan dan menstabilkan mesin sepeda motor ini.

About Author

Advertisement

Posting Komentar

 
Top